Vaksin Influenza Sebelum Jalan-jalan, Emang Penting?

Ingat vaksin influlenza sebelum jalan-jalan

Saya yakin banyak orang, tidak hanya saya, yang cenderung menyepelekan penyakit influenza. Bener gak? Jangankan mikirin buat vaksin influenza, berobat aja males. Ya gak sih? Ternyata flu itu gak sesepele itu dan gak boleh dibiarin gitu aja.

Influenza sejatinya berbeda dengan pilek biasa (common cold). Serupa tapi tak sama, begitu kira-kira. Selain jenis virus penyebabnya berbeda, gejala yang ditimbulkan juga tidak sama. Flu biasanya menyerang dadakan dan lebih parah, sedangkan batuk pilek biasa muncul bertahap dan lebih ringan. Jadi jangan bilang flu kalau cuma lagi batuk pilek biasa lagi ya.

dr Suzy menjelaskan mengenai vaksin influenza
dr Suzy menjelaskan mengenai vaksin influenza saat blogger gathering

Waktu menghadiri Blogger Gathering dalam rangka World Flu Day 2019 pada Minggu, 24 November lalu, saya berkesempatan mengikuti diskusi mengenai penyakit influenza bareng temen-temen blogger. Event yang diadakan oleh ‘Kenapa Harus Vaksin’. Setelah dengerin penjelasan dari dr. Suzy Maria, ternyata penyakit ini sangat berbahaya, apalagi jika dibiarkan gitu aja, bisa menyebabkan kematian kalo udah komplikasi.

Terus, gimana cara ngebedain pilek biasa dengan flu?

Tentu yang pertama bisa dilihat dari gejala-gejala yang dirasakan. Gejala yang paling umum itu, penderita akan batuk, demam, menggigil, nyeri otot dan badan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah-muntah, dan sering merasa mudah lelah.

Kalo udah ngerasa gejala-gejala di atas, gausah sok kuat deh ya. Udah, waktunya istirahat! Gak ada negosiasi kalo soal ini. Penting banget bagi penderita flu untuk istirahat hingga bener-bener pulih. Atau jika tidak, seharian selama 24 jam istirahat di rumah saja.

Dengan cara ini kamu sudah membantu mencegah penularan virus influenza ini pada orang-orang di sekitar, ataupun teman-teman satu kantor. Virus ini amat sangat mudah menular dan menyerang orang lain. Jadi memang dianjurkan untuk menjaga jarak dari penderita flu. Dan penderita flu juga harus “sadar diri” agar gak nular ke yang lain.

Selain istirahat, penderita flu juga harus banyak minum air putih, minum obat, dan menghangatkan badan. Penderita flu juga harus menjaga etiket bersin. Saat batuk atau bersin, tutuplah hidung serta mulut menggunakan tisu dan buang langsung ke tong sampah. Jika tidak ada tisu, tutuplah dengan lengan tangan bagian atas, hindari menggunakan tangan. Hal ini karena tangan tanpa sadar memegang benda tertentu atau bersentuhan dengan orang lain, kemudian virusnya akan menempel pada benda yang dipegang. Dan akan menyebar saat disentuh orang lain.

Selain itu, rajin-rajinlah cuci tangan dengan air mengalir dan juga sabun. Pakai hand sanitizer juga bisa, asal yang mengandung alkohol. Bila keluar rumah dalam kondisi yang belum 100 persen pulih, gunakanlah masker N95.

Cara paling baik mencegah terjangkit flu gimana?

Selain menjaga kebersihan, menjaga pola hidup sehat, banyak minum air putih, cara terbaik agar terhindar dari flu adalah dengan vaksin influenza. Anyway, musim flu selalu ada sepanjang tahun. Jadi kapan saja bisa vaksin influenza.

Terlebih bagi siapapun yang akan bepergian ke luar negeri alias liburan. Pasti gak pernah kepikiran kan? Pasti kalau mau jalan-jalan cuma mikir persiapan budget, list tempat wisata yang bakal dikunjungi, dan hal-hal biasa yang dipersiapin. Bener gak? Tapi banyak dari kita yang gak terpikir untuk vaksin.

Fakta mengenai vaksin influenza
Berikut 5 Fakta mengenai vaksin influenza

Setidaknya dua minggu sebelum traveling harusnya divaksin dulu. Sebab, penyebaran virus influenza paling banyak saat melakukan traveling.

Vaksin influenza ini dapat melindungi tubuh dari virus influenza setidaknya selama satu tahun. Selain menghindari dari penyakit, vaksin influenza ini juga membuat liburan jadi lebih menyenangkan tanpa khawatir sakit, dan menghemat uang. Vaksin itu ibarat investasi kesehatan. Kalo udah sakit biaya pengobatannya bakal jauh lebih mahal, bener gak?

Fakta lainnya, virus influenza ini tergolong virus yang pintar dengan beradaptasi untuk mengecoh ketahanan tubuh.

Meskipun gak kemana-mana, sebenarnya tubuh kita butuh untuk diberikan vaksin. Sebab penyakit mengancam di mana-mana. Kemungkinan penyakit menyerang gak ada yang tahu. Bukan bermaksud nakut-nakutin sih, tapi memang faktanya seperti itu.

Vaksin influenza ini halal gak sih?

Kebetulan banget. Kemarin dr. Suzy juga menjelaskan kalo vaksin ini halal. Meskipun banyak vaksin yang menggunakan enzim babi, tapi untuk vaksin influenza ini tidak sama sekali. Jadi ga perlu khawatir ya. Saya juga jadi tenang, kalo mau vaksin ntar gak perlu takut deh.

14 Replies to “Vaksin Influenza Sebelum Jalan-jalan, Emang Penting?

  1. Bener banget mba tika! Buat aku vaksin influenza a must sih sebelum pelesiran! Karena daya tahan tubuh aku juga rentan banget ketularan virus. Jadi ya sadar diri dengan antisipasi pakai vaksin flu. Alhamdulillah selama ini berkat vaksin influenza, traveling no drama gak pernah kena flu. Justru teparnya gitu balik ke Indonesia haha. Mungkin bukan flu tapi semacam males balik ke dunia nyata hehe

    1. hahahaha iya penting banget ternyata. Gak cuma kalo mau pelesiran aja, tapi kita emang dianjurkan buat vaksin influenza tiap tahun sih. Thank you udah mampir ya mba…

        1. Di rumah sakit mana saja ada kok mba. Request ke dokternya juga bisa. Yang paling baik vaksin di satu dokter saja, biar dia tau riwayat vaksinasinya.

  2. Bener sih, kesehatan harus dipastikan saat hendak jalan-jalan. Apalagi bulan gini yang emang musim hujan, banyak aja virus yang bermunculan. Tetap jaga makanan sih biar aman.

    Serta penting juga tau ttg kriteria penyakit. Dikira flu eh ternyata malah bukan, jadi jangan disepelekan sih.

    1. Iya kak, lagi musim hujan memang virus influenza makin meningkat juga kata dokternya. iya, harus hidup lebih sehat dan jaga pola makan..

  3. Lah, itu paragraf pertama aku banget, aku gak pernah perhatiin masalah influenza, apalagi masalah vaksin. Terus kalau mau pergi jalan ke destinasi alam juga gak kepikiran nih masalah virus influenza dan vaksinnya. Yang ternyata penting sekali.
    .
    Biasanya aku dan kawan-kawan malah becandain kalau lagi pilek atau flu minum es banyak-banyak biar cepet sembuh. Ini buat ngegambarin saking cueknya aku sama masalah kesehatan terutama flu.

    1. hahaha iya sih, atau diteriakin “es teroooooos”. Tapi batuk flu biasa beda lho sama influenza. Nanti coba kalo udah gak fit, minum obat dan istirahat yang banyak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *