Aplikasi Mobile JKN, Memudahkan Semua yang RIbet!

Sudah pada tahu belum kalo sekarang BPJS Kesehatan udah punya aplikasi mobile yang bisa kamu unduh baik pengguna Android atau iOS. Kemajuan teknologi memang membantu mempermudah pekerjaan manusia. Jadi untuk memudahkan proses pelaporan atau pengaduan, kita gak perlu repot-repot lagi mesti dateng ke kantornya. Cukup download dan registrasi lalu isi kolom sesuai data diri.

Meski baru diluncurkan, aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini sudah digunakan oleh lebih kurang 1.000.000 user Android dan 2.000 user iOS. Dan aplikasi ini sangat simpel dan sederhana untuk digunakan.

Saat membuka aplikasi, ada empat menu utama. Ada menu peserta,menu tagihan, menu  pelayanan, serta menu umum. Keempat menu ini memiliki bagian-bagian yang punya fungsinya masing-masing deh. Let me tell you ya buat yang masih ga paham atau belum mendownload biar abis ini langsung pasang aplikasinya.

  1. Dalam Menu Peserta terdapat fitur peserta yang berisi data diri kepesertaan kita. Lengkap! Selain itu, pada fitur ini juga tertera data diri peserta yang menjadi tanggungan kita. Maksudnya jika punya anak atau istri atau suami, pokoknya dat kepesertaan satu keluarga ada di fitur ini. Jika ingin melilhat kartu peserta dalam bentuk elektronik, bisa cek di fitur kartu peserta. Nah, yang enak jadi pengguna aplikasi ini adalah, kita gak perlu repot-repot antri ke kantor BPJS jika ingin melakukan perubahan data. Tinggal ubah di aplikasi yang ada pada fitur ‘Ubah Data Peserta’. Tinggal ubah apa yang mau diganti, misalnya kayak mau pindah faskes, tinggal ganti dari gadget. Atau mau daftarin ppeserta baru, tinggal klik fitur Pendaftaran Peserta. Gampang kan?
  2. Mari melihat Menu Tagihan. Ada empat sub-menu dalam Menu Tagihan. Jika kkita peserta mandiri yang tergolonng Pekerja Bukan PenerimaUpah (PBPU) bisa cek di fitur Premi untuk melihat tagihan iuran yang harus dibayar. Ada juga fitur Catatan Pembayaran untuk melihat jumlah pembayaran premi dan denda, kalo bayarnya telat sih hihi selain itu ada fiitur Pembayaran dan Fitur Cek VA (Virtual Account) yang memiliki fungsi sesuai dengan namanya.
  3. Pada Menu pelayanan, kita bisa cek bagaimana catatan riwayat pelayanan kesehatan yang sudah kita terima atau mendaftar untuk mendapatkan pelaayanan faskes tingkat pertama di menu ini dengan fitur yang dimilikinya. Bahkan yang bikin saya kaget adalah, kita bisa mendeteksi potensi resiko kesehatan terutama penyakit kronis hanya dengan klik fitur Skrining. Bener-bener keren ini aplikasi.
  4. Buat yang mau membuat pengaduan, alamat faskes yang bekerjasama dengan BPJS, dan info umum soal JKN, kita bisa lihat di Menu Umum. Jadi kalo mau berobat atau mendapat peraawatan di rumah sakit, tidak perlu repot lagi nyari yang mana yang bisa pake kartu BPJS. Karena aplikasi ini udah lengkap dengan mapsnya. So easy right?
Jadi, aplikasi ini benar-benar sangat bermanfaat sih menurut saya. Amat sangat, malah! Gimana engga coba?  Bayangin yah kalo misalnya saya lagi sakit terus bingung mau nyari faskes mana yang dekat dari lokasi saya dan bekerjasama dengan BPJS. Kalo gak ada fitur dalam aplikasi ini kan bisa ribet juga. Atau waktu saya mau mendaftar atau komplain sesuatu ke kantor BPJS, tanpa aplikasi pasti saya udah kehabisan waktu buat kesana, belum lagi dipotong masa menunggu antrian. Sangat tepaat menurut saya dengan dibuatnya aplikasi di ponsel pintar ini.

So, masih mikir berkali-kali buat download? Yah, masa udah dikasih kemudahan tapi masih mau yang ribet. Pikir dong hihi
P.s those pictures were taken from Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *