#Day1: Mulai Ngeblog Karena….

Setelah menimbang dan memutuskan, finally saya ikutan BPN 30 Day Blog Challenge. Di hari pertama ini temanya  adalah alasan kenapa menulis blog. Okay, itu artinya saya harus menggali ingatan di pikiran saya untuk mengingat kenapa.

Saya benar-benar mulai menekuni dan agak rajin ngeposting tulisan di blog itu tahun 2014 awal. Berawal karena suka baca tulisan beberapa blogger soal traveling, sik. Trus kepikiran aja mau punya blog, buat curhatan hihi.

Jadi, kalo flash back lagi, sebelum 2014 saya juga sudah pernah membuat blog gratisan pada masanya. Ada beberapa. Belum yang Top Level Domain (TLD) kayak sekarang. Tapi, dulu cuma iseng buat doang, postingan pertama sama kayak first post sejuta umat: Hello World! Haha. Terus gak diurus. Nah, pas 2014 baru bener-bener nulis dan semangat gitu postingnya. Masih pake yang gratis, di wordpress.

Jujur, dulu mulai tekun nulis blog karena pengen menyalurkan apa yang ada dipikiran aja, jadi semacam diari digital gitu. Soalnya yang sifatnya pribadi banget ditulisnya di buku diary beneran. Awalnya curhatan aja sih, sambil iseng mikir suatu saat bisa posting cerita traveling ke negara impian.

Dalam perjalanan hidup saya, masa-masa SMA paling menentukan kemana arah hidup saya sekarang.Dimana galaunya nentuin mau kuliah dimana, jurusan apa dan sebagainya. Di masa itulah saya benar-benar galau akan masa depan. Bukan, buka soal bingung milih jurusan apa, tapi lebih tepatnya apakah nanti mimpi saya bisa jadi nyata. Jiaah, iya seberat itu pikiran saya.

Jadi saya ingin bisa berbagi perjuangan saya, jadi semacam jurnal gitu. Biar ntar saya bisa melihat proses yang udah saya lalui. Dan ketika melihat ke belakang, saya bisa bersyukur atas apa yang udah saya lewatin. Sebagai pengingat juga pastinya.

Ditambah lagi, saya rasa saya butuh didengarkan. Gak ada orang yang benar-benar bisa menjadi pendengar yang baik menurut saya saat itu. Mereka cuma pengen didengar tapi tak sanggup menjadi pendengar. Nah, itulah semangat saya untuk menulis dan menuangkan kegelisahan, ilmu baru, experiences, dan apapun yang ada dipikiran saya lewat blog. Dulunya begitu, sampai sekarang pun juga.

Rasanya seru! Saya bercerita apa saja tanpa ada yang memotong cerita saya, tanpa ada yang nge-judge saya atas apapun pilihan saya, tanpa ada yang merasa paling benar, dan benar-benar plong! Kalau gak suka cerita saya di blog, pembaca tinggal skip. Tanpa saya tau sehingga gak ada rasa menyakitkan sama sekali, ya gak?

Bedanya, dulu saya tanpa ragu menuliskan apa saja di blog. Ntah kenapa makin kesini tulisan dan opini saya filter dulu, mana yang layak ditulis di blog mana yang engga, mana yang istilah dan cara penyampaiannya lebih diperhalus. Mencoba untuk profesional aja. Udah punya standarnya sendiri sih.

Saya sebenarnya masih termasuk newbie dalam dunia per-blogging-an, tetapi saya selalu berusaha untuk terus belajar. Banyak yang belum saya explore sebenarnya, tapi gapapa, sambil belajar juga kan.

Dan ternyata yang saya sadari adalah, keputusan saya untuk aktif menulis blog lah yang merubah hidup saya. Merubah banyak hal mengenai apa yang harus dikerjakan dan diprioritaskan. Yang paling penting, dari menulis blog, saya terus belajar gimana delivering pesan yang baik kepada para pembaca agar tercapai tujuan komunikasinya.

Boleh kalo mau baca cerita-cerita saya di blog sebelumnya, TheStudyHunter.

Cheers,
Azariatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *