The Ordinary – Raiku, Intip Current AM – PM Skincare Routine Saya, yuk!

Skincare Routine Siang - malam

Selama Work From Home (WFH) kita harus produktif dong ya. Selain tetap harus kerja, tidak lupa untuk skincare-an, biar pikiran tetap waras. Ya, meskipun hanya ngebantu dikit aja sih buat ga gila selama di rumah. Sebenarnya gak ada yang benar-benar baru dalam rangkaian skincare yang saya pake belakangan. Hanya nyelipin The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% di AM-PM skincare routine.

Sebelumnya, saya mau disclaimer dulu ya, kalo apa yang kamu baca ini semua based on my experience. Dan mau ngasih tau juga kalo masing-masing kita punya jenis dan tipe kulit yang berbeda. So, reaksinya terhadap suatu produk juga akan berbeda, works di aku belum tentu cocok di kamu. Sip?

Terakhir saya ngebahas skincare itu 2 atau 3 tahun yang lalu. Waktu itu awal-awal banget rutin pake skincare. Dari jaman yang masih “buta” banget dan asal pakai doang cuma bermodal seiprit pengetahuan dari review di Youtube. Waktu itu saya pake dan udah nulis review skincare emina juga. Mungkin kamu bisa baca lagi, buat flashback aja cerita awal mula rutin skincare-an.

Seiring berjalannya waktu, dari yang dulu awalnya pake yang basic, sekarang mulai masuk ke skincare yang agak “advance”. Ga advance banget juga sih, tapi boleh dibilang udah gak terlalu basic banget. Semoga sedikit pengalaman pake skincare ini bisa ngebantu kamu buat ngatasin current issue yang ada di kulit wajah kamu ya.

Produk-produk AM-PM Skincare Routine

I will start with cleanser ya.

Biore Make Up Remover

azariatika skincare routine biore makeup remover - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Biore Make Up Remover dalam rangkaian Skincare Routine

Sesuai namanya, ini saya pake untuk ngebersihin makeup di wajah. Make up yang “bandel” dan waterproof gitu biasanya lebih ampuh dibersihin pake oil cleanser nya Biore ini. Tapi kalo lagi dalam kondisi WFH seperti ini (which is without make up on my face at all) saya kadang skip oil cleanser ini. Atau pake micellar water aja. Dan ini hanya dipake abis make up aja, so I surely skip this thing in the AM skincare routine ya. Lanjut cuci muka.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

azariatika skincare routine cetaphil - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine – Facial Wash: Cetaphil

Cetaphil ini udah saya pake lebih dari setahun terakhir. Karena jenis kulit saya kering, dan kalo pake facial wash yang ada busanya, biasanya berasa ketarik, lebih sensitif, perih, dan merah-merah. Bahkan bruntusan ga ilang-ilang. Makanya, pas nyoba cetaphil ini, saya udah ga berani ganti face wash lagi. Udah aman gitu. Bahkan untuk nyoba cleanser alami tanpa busa pun, saya ga berani. Padahal kan banyak ya facial wash yang review nya aman. Tapi sampe saat ini saya belum ada niatan. Saya masih setia, dan pake ini tiap pagi dan malem.

Vitamin E Hydrating Toner The Body Shop

azariatika skincare routine toner the body shop - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine – Vitamin E Hydrating Toner TBS

Setelah cukup lelah berjuang mencari toner yang “mengerti” kondisi kulit saya, akhirnya saya dipertemukan dengan Vitamin E Hydrating Toner dari The Body Shop ini. Toner ini dipake setelah cuci muka. Biasanya saya apply pake tangan aja (make sure tangan kamu bersih ya), trus tepuk-tepuk kecil di wajah. Tonernya cepet nyerap, tapi bikin kulit terasa lembap banget meskipun tonernya udah menyerap sempurna. Kalo sisa-sisa makeup masih berasa ada yang nempel dan belum keangkat sempurna, bisa diapusin pake toner ini juga. Cukup tuang ke kapas, lalu bersihkan ke muka. Saya pakenya pagi dan juga malem ya.

Tekstur toner The Body Shop ini agak kental, gak persis kayak air gitu. Tapi tenang aja, nyerapnya cepat kok. Efek lain yang saya rasain setelah pake toner ini adalah, muka jadi lebih cerahan, ga buluk kaya biasanya hehe. Buat pemilik kulit kering, I do recommend this product!

Raiku Water Essence

azariatika skincare routine raiku water essence - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine – Raiku Water Essence

Awalnya saya dikirimin beberapa rangkaian produknya Raiku buat dicoba. Dan sejujurnya waktu itu, saya belum berani pake essence maupun serum secara rutin. Paling nyoba sekali dua kali doang.

Luckily, water Essence dari Raiku ini cocok di wajah saya. Teksturnya yang cair kayak air dan ringan, bikin wajah saya tuh lebih fresh dan semakin lembap. Enak aja gitu setelah pake ini. Apalagi salah satu kandungannya ada hyaluronic acid yang memang bermanfaat buat ngelembapin kulit. Ini yang kulit kering saya butuhiiiiiiin… So, produknya kepake banget buat saya dan jadi bikin jatuh hati. Dipakenya Am dan PM ya!

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

azariatika skincare routine the ordinary niacinamide - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine Siang/Malam – The Ordinary Niacinamide

Ini termasuk serum yang udah lama banget pengen saya coba dan masuk rangkaian my AM-PM skincare routine. Tapi lama mikirnya, takut ga cocok meskipun banyak review bagus terkait The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini. Pas akhir Februari lalu, saya akhirnya beli dan pake deh.

Setelah pake ini, kulit saya berasa lebih kenyal dan teksturnya lebih lembut. Ga ada lagi bagian-bagian kulit yang terasa kasar. Apalagi pas bangun tidur, megang wajah terasa lembut banget. Bekas jerawat saya sih lumayan tersamarkan, tapi ga like a magic gitu juga sih. Ini udah dipake hampir 1,5 bulan pagi dan malem tapi gak begitu works kalo tujuannya untuk ngilangin bekas jerawat.

Hanya saja, selama pake The Ordinary ini, jerawat saya jarang muncul. Meskipun jerawat yang muncul tiap bulan karena perubahan hormon, lebih cepet kempes dan hilang gak berbekas. Jadi yang tersisa itu hanya bekas jerawat lama sebelum pake The Ordinary. Ajaib memang ini produk!

Kalo kamu mau ngilangin bekas jerawat yang bandel-bandel gitu, pemakaian The Ordinary Niacinamide ini mungkin bisa digabung dengan The Ordinary Alpha Arbutin kali ya. Sempet ada baca review begitu. Tapi nanti kamu bisa cari tahu lebih lanjut lagi. Soalnya saya baru nyoba yang Niacinamide aja sih. Dan bekas jerawat di wajah saya masih bisa dicover dengan cushion jadi masih ngerasa aman.

Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask

azariatika skincare routine klairs vitamin e - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine siang/malam – Dear Klairs Vit E Jiuced Mask

“Pudding” dari Dear Klairs ini juga jadi kecintaan saya! Saya bilang pudding, karena bentuknya seperti itu. Jadi meskipun kamu colek dan diambil, isinya bakal terus rata. Gemes dan ga berantakan jadinya.

Semenjak pake Dear Klairs Freshly Jouiced Vitamin E Mask ini, saya bener-bener ngerasa kulit wajah saya lebih bersih, kenyal, dan berasa lembap. Tentu saja karena dibantu juga dengan produk-produk skincare sebelumnya. Jadi mereka saling bahu-membahu agar melembapkan kulit wajah saya (((bahu-membahu))) wkwk.

Tapi kehadiran moisturizer Dear Klairs ini bener-bener berpengaruh, merubah segalanya, menjadi lebih indah… (you sing, you lose! haha)

Kalo niru kata selebgram, secinta itu gue sama produknya. Asli, emang vitamin E jawaban dari segala doa-doa yang mendambakan muka glowing bagai Suhay Salim. Tapi meskipun masih jaaaaaaaauuuuuuuuuuuuh banget dari glowing dan belum ada apa-apanya dibanding muka kak Suhay yang kinclong, tapi saya tetap bersyukur karena kulit wajah saya sekarang ga banyak neko-neko nya. Lebih anteng. Oiya, moisturizer ini dipakenya AM dan PM juga ya. Kalo PM skincare routine biasanya untuk wajah stop sampe di sini.

Kalo AM skincare routine, setelah pake Dear Klairs Freshly Jouiced Vitamin E Mask, saya lanjut pake sunscreen. Produk yang saya pake biasanya L’oreal Paris UV Protection, tapi sekarang lagi pake Akin Aqua. Kadang pake Biore juga sih, yang penting wajah ada pelindungnya gak langsung kena sinar matahari.

Raiku Eye Serum

azariatika skincare routine raiku eyeserum - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine Malam – Raiku Eye Serum

Saya gak expect too much kalo Raiku Eye Serum ini ternyata bagus banget. Serius, saya gak bohong! Sebelum pake ini, saya emang jarang pake eye serum karena harganya yang lumayan pricey ya. Hampir semua eye serum harganya lumayan menurut saya. Dan saya punya kantung mata yang cukup gede, terus lingkaran mata hitam. Saya pakenya malem hari aja sih.

Selama ini masih saya cuekin aja, mikirnya yaudah sih. Terus pas nyoba eye serum dari Raiku ini, saya cukup surprise sih. Emang bagus dan sesuai sama klaimnya. Meskipun gak ajaib warna itemnya langsung samar 3 hari pemakaian, tapi sejauh ini cukup ampuh ngurangin kantung mata dan lingkaran mata gelap saya. Area mata saya juga jadi lebih lembap, lho! Duh, seneng banget. Apalagi harganya masih terjangkau.

Lip Sleeping Mask Laneige

Untuk bagian bibir, skincare routine malem biasanya dilanjut dengan sleeping mask dari Laniege. OMG, ini produk juga ajaib deh. Bener-bener bikin bibir lembap. Pernah sebelum rutin pake lip sleeping mask ini, saya lagi coba swatch beberapa shades lipstick buat keperluan konten. Yaampun, abis itu bibir saya jadi super kering dan pecah-pecah parah. Meskipun saya udah pake lipbalm.

Terus beberapa waktu lalu, tentu saja udah pake lip sleeping mask Laneige ini ya, saya nyoba lipstick lagi ada beberapa shades. OMG, ajaib, bibir saya aman-aman aja. Ini saya masih coba yang share in jar. Nanti kalo udah habis, saya bakal beli yang full size nya.

Pure Pawpaw Ointment

azariatika skincare routine pure pawpaw - The Ordinary - Raiku, Intip Current AM - PM Skincare Routine Saya, yuk!
Skincare Routine Siang/malam – Lip Balm Pure Pawpaw

Kalo Laneige lip sleeping mask dipakenya pas malem, lipbalm siangnya pake Pure Pawpaw. Ini juga ngelembapin bibir saya sih so far. Karena saya gak cuma punya kulit wajah kering, tapi juga bibir kering. Dulu itu sering banget pecah-pecah dan berdarah gitu. Sekarang udah jarang banget. Dan Pure Pawpaw ini juga termasuk produk bagus sih. Bahkan gak cuma di area bibir, tapi area kulit yang terasa kering pun bisa diolesin ini tipis-tipis.

Sekali seminggu saya pake sheet mask sih. Pemakaiannya setelah The Ordinary biasanya. Saya udah jarang pake masker peel off maupun wash off karena produknya udah abis hehe. Jadi yang gampang pake sheet mask aja.

Mungkin nanti di postingan terpisah, saya bakal review lebih mendalam beberapa produk yang benar-benar ngaruh dan ngasih perubahan banyak di muka saya. Untuk sekarang, AM-PM skincare routine segitu dulu. Belum pake yang neko-neko banget karena cukup berhati-hati nyoba produk baru. Jangan sampe kondisi kulit yang udah lumayan sehat sekarang jadi kaco gara-gara pake produk karena ikutin beauty influencer atau karena ga puas sama kondisi yang sekarang.

One Reply to “The Ordinary – Raiku, Intip Current AM – PM Skincare Routine Saya, yuk!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *