You Know What Makes You Happy

Pict: https://www.dailytrust.com.ng/

Apa sih yang buat kamu bahagia?

Pagi lalu, saya baru menonton video Gita Sav soal tips gimana menjadi bahagia. Ada 18 poin kalo gak salah. Tapi kali ini saya cuma mention 5 aja yang saya rasa udah bisa saya terapkan dan terbukti itu buat saya jauh lebih lega dan bahagia. Poin-poin lainnya, ada beberapa yang agak sulit untuk diterapin sih. Well, ini 5 hal yang bikin saya bahagia.

1. Depend on myself! Yash, saya bahagia kalo saya bisa ngelakuin sesuatu sendiri alias gak ngerepotin orang lain. Ngerepotin orang lain itu gak enak, ada rasa yang ngebebanin hati dan pikiran gitu. Ada gak ada orang lain, ya, its okay. Depend on myself ini bukan berarti saya hidup gak bermasyarakat loh ya. Hanya saja belajar untuk melakukan apapun sendiri, sebisanya.

2. Baca buku. Ini juga jadi sumber kebahagiaan buat saya. Saya sering menghadiahi diri saya dengan berburu buku setelah ngelakuin sesuatu. Itu buat mood saya jauh lebih baik. Memperkaya diri dengan ilmu itu penting. Gak cuma lewat baca aja sih, bisa dengan nonton tayangan edukatif, atau mengobrol dengan orang-orang yang menginspirasi.

3. Me-time. Yaaap, siapa sih yang gak suka dan bahagia kalo lagi me-time? Saya juga! Me-time versi saya gak melulu harus pergi kemana. Cukup dengan maskeran, sambil dengerin lagu ‘Rex Orange County’ di kosan aja udah bisa balikin mood saya. Atau me-time dengan maraton nonton serial. Atau berlama-lama dengan buku juga jadi me-time buat saya.

4. Let go of things you can not control. Nah, ini juga bisa bikin bahagia. Kalo emang udah ngelakuin sekuat dan semampu kita untuk memperjuangkan sesuatu, tapi ada hal-hal yang diluar kuasa kita, yaudah, let it go. Kalo emang itu sulit banget, just let it go. Untuk apa pun, you deserve better. Karena kalo kita terus maksain sesuatu yang seharusnya bukan tugas kita, itu cuma bikin makin tambah stress.

5. Gak berekspektasi. Expectations are the root of disappointment. Ini bener banget! Kalo saya ngurangin berekspektasi sama orang atau sama apapun itu, rasanya bahagia aja, berasa gak ada beban sama sekali. Kalo ujung-ujungnya nyakitin, ya gak terlalu sakit karena gak ada ekspekstasi. Kalo nonton film juga saya gak berekspektasi, nonton aja dulu. Terus kalo bagus, ya bahagia keluar bioskopnya. Kalo filmnya so-so, ya, gak terlalu diambil pusing karena gak ada ekspektasi yang harus dipenuhi. Sip?

Jadi, kalo mau bahagia itu ya sederhana. Bahagia itu yang ciptain kita sendiri, bukan orang lain. Kalo kita gak bahagia, ya jangan nyalahin orang, tapi liat diri sendiri, apa yang salah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *