Saya dan Blogger Perempuan

Source: Google

Boleh jujur?

Ketika di awal mulai menuliis blog, saya gak ada ekspektasi apa-apa. Gak pernah meniatkan diri untuk jadi terkenal atau punya penghasilan dari menulis blog. Bahkan, waktu itu saya beneran gak berani bilang kalo saya blogger. Saya nulis ya cuma buat nulis aja, curhat.

Sampai ketika saya ketemu dengan Kak Mutia dan teman-teman lainnya yang juga suka nulis blog. Dari mereka ini saya banyak belajar, salah satunya gimana caranya membangun jaringan dalam dunia per-blogging-an ini.

Selain produktif menulis konten di blog, blogger juga perlu berkomunitas. Kalo kamu suka fotografi, kamu bakal nyari-nyari komunitas yang bisa menyalurkan hobi kamu dan mengembangkannya disana. Sama, seorang blogger juga butuh berkomunitas.

Selain memperluas jaringan, gabung dengan komunitas yang isinya para blogger semua, kita akan belajar lebih banyak. Yang awalnya gak ngerti dan buta soal SEO, dari berkomunitas setidaknya bisa ngerti dikit-dikit, soal gimana cara naikin DA/PA.

Atau ketika kita ada masalah, misalnya postingan kita di banned, atau masalah-masalah coding atau apapun, kita bisa tanya dan konsultasi serta diskusi dengan teman di komunitas. Gabung komunitas blogger itu bikin kegiatan nulis blognya jadi lebih enak.

Lalu, komunitas blog apa yang saya ikutin pertama kali?

Blogger Perempuan!

Ini dikenalin Kak Mutia juga. Saya liat di blognya ada logo BP, trus iseng nanya. Dan akhirnya coba daftar. Saya gabung BP dari masih blog lama. Trus pas migrasi ke sini, saya juga gabung BP.

Kenapa?

Dari awal liat logonya udah langsung merasa nyatu aja dengan saya. Padahal gak tau apa-apa soal ini sebelum dikasih segelumit info sama Kak Mutia.

Padahal, di blog nya Kak Mutia, gak cuma ada logo BP, tapi ada beberapa komunitas lainnya. Tapi sayanya tertarik sama BP.

Dan bener aja, dari mulai gabung sampe sekarang, BP jadi wadah saya buat berkembang. BP ada grup Facebooknya, ada juga grup diskusi WhatsApp nya.

Banyak lomba-lomba yang saya dapetin infonya dari BP, tapi dari yang diikutin belom ada menang haha. Gapapa, menang-kalah bukan soal penting, tapi keberanian diri buat ikutan dan terus belajar nulis itu esensinya.

Terima kasih teman-teman BP dan teman blogger semua, kalian berjasa dalam dunia tulis-menulis-blog saya. Meskipun sampai sekarang saya masih segini-segini aja, tapi perubahan ngeblog dari yang awalnya celotehan-curhat-gak-berfaedah jadi sekarang agak-sedikit-berfaedah hehe.

sebenernya, apapun komunitas yang kamu ikuti, niatkan untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari teman-teman komunitas. Biar ilmu kita bisa upgrade dan naik kelas, gak stuck disitu-situ aja. Sip?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *